Ingin Khusyuk Saat Salat, Coba Lakukan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi salat. Foto Pixabay

TERAS MEMPAWAH – Khusyuk adalah bersungguh-sungguh, keikhlasan hati, fokus dan berserah diri kepada Allah SWT. Sedangkan Ibnu Abbas menjelaskan, khusyuk mempunyai arti khidmat dan penuh takut.

Al-Quran menegaskan salah satu ciri orang yang beriman adalah orang yang khusyuk dalam salatnya. Allah berfirman: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman; (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya”. (Q.S. Al-Mukminun: 1-2).

Selain beruntung dan menghadirkan hati yang ikhlas dan tenang untuk Allah, mereka yang khusyuk juga akan mendapatkan kenikmatan ibadah yang tidak akan membebani dalam menjalankannya.

Khusyuk saat mendirikan salat merupakan salah satu hal yang menjadi impian bagi setiap umat muslim. Dalam menggapai sikap khusyuk dalam salat tentu ada cara dan tipsnya. Berikut dilansir dari laman muhammadiyah.or.id.

Pertama, berusaha semaksimal mungkin untuk memahami makna setiap gerakan dan bacaan salat.

Langkah ini dalam istilah Imam al-Ghazali disebut tafahum. Pemahaman terhadap makna ini akan menghantarkan seseorang untuk merasakan suasana dialogis yang sangat intens bersama Allah, sehingga akan menjadi sebuah pengalaman spiritual yang bersifat transformatif.

Untuk meraih suasana kejiwaan seperti itu, maka selain memahami maknanya, pelaksanaannya pun jangan dilakukan secara tergesa-gesa (tuma’ninah).

Kedua, berupaya untuk selalu menjauhi kemaksiatan.

Langkah ini sangat penting karena perbuatan dosa sangat berpengaruh pada suasana hati, sementara hati merupakan sumber lahirnya kekhusyukan dalam salat dan ibadah lainnya.

Ketiga, menjadikan salat yang akan atau sedang kita kerjakan seolah-olah sebagai ibadah yang terakhir dalam hidup ini.

  • Bagikan