Kacang Panjang, Sayuran Kaya Nutrisi Pencegah Kanker

  • Bagikan
Sayuran kacang panjang teman lauk pauk yang kaya nutrisi pencegah penyakit. Foto Pixabay

TERAS MEMPAWAH – Memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis, sayuran kacang panjang ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkannya pun tidak susah, karena tanaman yang termasuk keluarga kacang-kacangan ini bisa banyak dijual di pasar tradisional di sekitar tempat tinggal kita.

Baca juga : Suka Makan Sayur Pakis, Cek Yuk Manfaatnya

Sebagai tanaman sayur, kacang panjang bisa hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari lalapan sederhana, direbus, ditumis, bahkan menjadi salah satu sayur utama saat hari raya.

Kacang panjang yang tumbuh secara memanjat atau melilit, mudah ditemukan di kawasan panas Asia, Indonesia salah satunya. Di beberapa negara lain, kacang panjang dikenal dengan nama yardlong bean, chinese long bean, atau asparagus bean.

Cara menanam kacang panjang cukup mudah, hanya dengan memasukkan 2-3 biji ke dalam lubang sedalam 1-2 cm, kemudian ditimbun tanah. Pada umur 30 hari dia akan berbunga dan memasuki hari ke 45, kacang panjang sudah siap dipanen.

Waktu penanaman yang cukup pendek ini membuat kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang tidak mengenal musim, seperti juga kebanyakan tanaman palawija lainnya. Jadi bisa kamu coba di pekarangan rumah.

Kacang panjang dikenal memiliki banyak nutrisi. Selain sebagai sumber protein yang baik, kandungan lainnya adalah vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium dan mangan.

Sementara itu, menurut USDA National Nutrient database, nilai gizi yang terkandung di dalam kacang panjang mentah per 100 gram adalah, 47 kalori, 50 gram lemak total, 0 gram kolesterol, 8 gram karbohidrat total atau 2% dari nilai harian yang dibutuhkan, 3 gram protein atau 5% dari nilai harian yang dibutuhkan, serta 4mg natrium atau 0% dari nilai harian yang dibutuhkan.

Dilansir dari laman indonesia.go.id, berikut ini manfaat kacang panjang yang bisa kamu dapatkan bila mengkonsumsinya sebagai menu makanan sehari-hari.

Meningkatkan Stamina

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, tubuhnya membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Kacang panjang yang dapat melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah, dapat membantu stamina Anda tetap terjaga ketika atau setelah berolahraga.

Meredakan Nyeri

Selain baik untuk pengidap diabetes, penelitian juga menunjukkan bahwa kacang panjang dapat memberikan efek analgesik atau meredakan nyeri pada tubuh.

Kandungan mineral dalam kacang panjang, seperti mangan, dapat membantu menurunkan gejala dismenore, sehingga juga dapat membantu mengatasi nyeri haid pada wanita.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang menderita diabetes atau memiliki kadar gula darah yang tinggi, ada kabar gembira buat kamu. Tingginya serat yang terkandung di dalam kacang panjang, dibarengi dengan rendahnya kalori dan karbohidrat, menjadikan kacang panjang sebagai makanan yang ideal bagi para penderita diabetes.

  • Bagikan