Mimbar Sarasehan KTNA, Ungkap Keunggulan Mina Tani

  • Bagikan
Mimbar Sarasehan KTNA Kabupaten Mempawah terkait Sistem Mina Padi, di Saung P2MKP Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, yang dihadiri Bupati Mempawah Erlina dan Ketua DPRD Ria Mulyadi. Foto Prokopim Mempawah

TERAS MEMPAWAH – Bupati Mempawah, Erlina menghadiri Mimbar Sarasehan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Mempawah, di Saung P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan) Mina Bestari, Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, Sabtu 24 September 2022.

Turut hadir diantaranya Ketua DPRD Mempawah Ria Mulyadi, Kepala Bappeda Mempawah Ami Febrianto, Camat Anjongan Aswan Ghazali, para kabid di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP), serta penyuluh.

Baca juga : Buka Rakorda Perdana, Bupati Ajak PPDI Bangun Kerjasama Antar Lembaga

Adapun tema mimbar sarasehan ini adalah “Dengan Mimbar Sarasehan KTNA, Mari Kita Jadikan Budidaya Ikan Sistem Mina Padi Sebagai Usaha Unggulan Nelayan Tambak/Pembudidaya”.

Sarasehan digelar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani melalui sistem Mina Padi. Yaitu sistem kolaborasi antara penanaman padi, serta budidaya ikan pada 1 wilayah yang sama.

Secara sederhana, mina tani berarti bercocok tanam, baik padi atau palawija di sawah sambil beternak ikan. Tata letaknya, satu sisi digunakan bertani, sedangkan di bagian yang lain pembibitan atau pembesaran benih ikan.

Mengawali sarasehan yang dihadiri anggota KTNA di Kecamatan Anjongan, Toho dan Sadaniang, Ketua KTNA Kabupaten Mempawah Rusdi mengucapkan terima kasih kepada bupati dan jajaran, serta ketua DPRD atas kedatangannya.

“Alhamdulillah hadir para petinggi di Kabupaten Mempawah mulai dari Ibu Bupati dan Ketua DPRD. Mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi kami nantinya dapat diakomodir eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Rusdi menjelaskan sarasehan ini dilaksanakan dua kali setahun. Selain ajang silaturahmi, juga sebagai wadah para petani dan nelayan menyampaikan apa potensi dan permasalahan yang dihadapi.

“Setiap 6 bulan sekali kita gelar sarasehan ini dengan mengundang pejabat di bidang pertanian dan perikanan. Kita lakukan evaluasi terkait produksi, serta apa saja kendala di lapangan,” ungkap dia.

  • Bagikan