Mimbar Sarasehan KTNA, Ungkap Keunggulan Mina Tani

  • Bagikan
Mimbar Sarasehan KTNA Kabupaten Mempawah terkait Sistem Mina Padi, di Saung P2MKP Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, yang dihadiri Bupati Mempawah Erlina dan Ketua DPRD Ria Mulyadi. Foto Prokopim Mempawah

Selain evaluasi, imbuh Rusdi, KTNA sebulan sekali juga menggelar pertemuan dengan kelompok tani di kecamatan-kecamatan maupun desa untuk mengetahui kendala apa saja yang sedang mereka hadapi.

Bupati Erlina mengapresiasi kegiatan mimbar sarasehan KTNA di Desa Kepayang. Karena menjadi kesempatan bagi petani untuk bertemu dan menyampaikan aspirasi terkait pertanian dan perikanan kepada kepala daerah.

“Saya atas nama Pemkab Mempawah mengucapkan terima kasih karena telah diundang disini. Karena inilah yang saya inginkan, supaya bupati diajak langsung ketemu dengan para petani,” ucap dia.

Ia pun berharap kegiatan sarasehan tidak hanya dilaksanakan setahun dua kali, tetapi bisa setahun tiga kali. “Jangan ragu mengundang bupati hadir dalam kegiatan ini Nanti undang juga pejabat terkait lainnya,” ujarnya.

Karena Erlina berharap, pertemuan seperti ini membawa hasil yang bisa ditindaklanjuti baik itu pemerintah daerah bersama DPRD maupun KTNA sendiri demi kemajuan sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Mempawah.

Selain sesi tanya jawab, ada juga pemaparan dari pihak DPKPP terkait sistem Mina Padi yang berfokus cara atau teknis meningkatkan produktivitas pertanian dan perikanan di satu area.

Termasuk keunggulan sistem Mina Padi yang dapat mengurangi dan mencegah hama, serta meningkatkan kualitas hasil pertanian maupun perikanan dari para petani.

Kendati demikian, sebelum sistem Mina Padi dilaksanakan di suatu wilayah, instasi terkait akan mengkaji terlebih dahulu potensi lokasi sasaran.

Dalam sarasehan itu, KTNA juga menyampaikan bahwa rantai penjualan terhadap sistem Mina Padi telah diakomodir oleh pihaknya.

Baca juga : Lirik Pertanian Mempawah, Pengusaha Malaysia Siap Berinvestasi

  • Bagikan