Musim Hujan Melanda, Simak Tips Jaga Kesehatan Berikut

  • Bagikan
Ilustrasi flu. Foto : Pexels/Polina Tankilevitch

TERAS MEMPAWAH – Musim penghujan sejak beberapa waktu terakhir, melanda sebagian wilayah Indonesia. Selain antisipasi terjadinya banjir, kita juga mesti mewaspadai kemunculan penyakit.

Pada musim hujan seperti ini, kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan karena penyebaran penyakit lebih mudah terjadi, salah satunya penyakit flu atau batuk pilek yang kerap menyerang tubuh.

Nah, agar tubuh tak mudah sakit, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dikala musim hujan, dilansir dari biofarma.co.id.

1. Perhatikan Asupan Makanan.

Makanan yang bergizi seperti sayur dan buah – buahan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Menurut pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian, yakni 15-30 persen kebutuhan gizi. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Selain itu, mengonsumsi probiotik juga perlu diperhatikan agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yogurt, tahu, tempe, atau sayuran fermentasi, dapat membantu menjaga usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Memperbanyak Minum Air Putih.

Minum air putih memiliki manfaat yang sangat baik. Air bermanfaat besar untuk menjaga agar fungsi tubuh Anda tetap berjalan dengan baik. Seperti contohnya adalah dengan menjaga suhu tubuh, menyalurkan nutrisi pada seluruh tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika fungsi tubuh sudah berjalan dengan baik, maka tubuh pun tidak mudah untuk terserang penyakit. Karena itu, kita disarankan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya.

3. Rajin Berolahraga.

Meskipun udara dingin dikarenakan sedang musim hujan, namun kita perlu bergerak agar tubuh tetap bugar. Olahraga bisa dilakukan didalam rumah jika sedang hujan. Latihan fisik selama 30 saja menit mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit).

  • Bagikan