Organisasi Internasional Landesa Dukung Pengelolaan Mangrove di Mempawah

  • Bagikan
Bupati Mempawah Erlina menerima audiensi perwakilan organisasi internasional Landesa terkait pengelolaan dan pemanfaat mangrove. Foto Prokopim Mempawah

TERAS MEMPAWAH – Pelestarian hutan bakau atau mangrove yang gencar dilakukan di Kabupaten Mempawah mendapat dukungan dari organisasi internasional Landesa, yang bermarkas di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Sehubungan dengan itu dalam rangka koordinasi dan komunikasi, Anantasari dan rekannya perwakilan organisasi Landesa di Indonesia, menemui Bupati Mempawah Erlina, di ruang kerja bupati, Rabu 21 September 2022.

Baca juga : Puncak Robo-Robo Mempawah, Ribuan Warga Tumpah Ruah

Sebagai informasi, Landesa merupakan organisasi non profit yang berfokus pada kepastian dan penguatan tenurial masyarakat. Dan kedatangan Landesa di Kabupaten Mempawah sebagai penilaian awal terhadap keberlangsungan ekosistem mangrove.

Anantasari menerangkan, lembaganya bergerak dalam upaya mengajak masyarakat pesisir bagaimana mengelola mangrove menjadi lahan yang produktif agar perekonomian mereka meningkat.

“Namun tentunya dengan tetap menjaga serta melestarikan lingkungan. Jadi sambil mengelola mangrove, pelestarian lingkungan di sekitar kawasan tetap berjalan beriringan,” ujar dia.

Mengenai maksud kunjungan silaturahmi ini, dikatakan Anantasari sebagai bentuk komunikasi dan koordinasi dengan kepala daerah terkait rencana program yang akan dilaksanakan.

Karena dengan cakupan mangrove yang luas di Kabupaten Mempawah, tentunya perlu diteliti lebih mendalam mengenai upaya peningkatan penghidupan bagi masyarakat pesisir.

  • Bagikan