Rakor di Mapolres Mempawah, Forum LLAJ Bahas Soal Ini

  • Bagikan
Rakor Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Mempawah di Mapolres Mempawah, Kalimantan Barat. Foto Fisa Aprianta

Sekda pun berharap, rapat ini menjadi ajang menyamakan persepsi, menjalin sinergitas antara para pemangku kepentingan terkait pelayanan keselamatan berlalu lintas yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menyusun program untuk tahun 2023 ini, yang tentunya tetap berfokus kepada upaya penurunan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Mempawah,” ucap dia.

Selain rekayasa jalan, rakor juga membahas mengenai jalur simpang empat di depan SMA Negeri 1 Mempawah Hilir, yang merupakan kawasan rawan kecelakaan, sehingga sudah perlu dipasang traffic light.

Dan sambil menunggu pemasangan traffic light, Polres Mempawah akan mengirim personel tambahan mengatur lalu lintas, terutama saat jam sibuk sebagai bentuk pengendalian keselamatan berlalu lintas.

Sehubungan antrian panjang truk pembeli solar di SPBU, maka Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menilai perlu pengawasan di lapangan agar tidak mengganggu lalu lintas yang bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Persoalan lain yang disoroti Forum LLAJ adalah kedisiplinan pengguna jalan yang masih rendah, sehingga bisa berdampak terhadap meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas.

Menyikapi itu, selain penegakan hukum juga perlu dilakukan upaya-upaya preventif seperti memperbanyak sosialisasi dan edukasi keselamatan berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar SMA sederajat.

Baca juga : Mahupiki dan Guru Besar Hukum Pidana Gelar Sosialisasi KUHP Baru di Kota Pontianak

  • Bagikan