Petani Sawit Deklarasi di Kalbar, Tegaskan Pilih Prabowo-Gibran dalam Pilpres

  • Bagikan
Pengurus Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) wilayah Kalimantan Barat

“Selama ini kami sering menghadapi hambatan besar besar yang dihadapi oleh petani sawit yang belum mendapat pengakuan hak atas tanah,” terangnya.

Suswanto juga mendorng bank dan lembaga-lembaga keuangan untuk tidak ragu dalam memberikan pinjaman atau kredit kepada petani Agar petani tidak sulit berinvestasi dalam praktik pertanian berkelanjutan, seperti penanaman kembali dengan varietas bibit sawit yang lebih produktif atau menerapkan teknik pertanian ramah lingkungan.

Pengurus APPKSI Lainnya, Ria Sari mengungkapkan jika petani plasma sawit juga menghadapi tantangan dalam mengakses layanan penyuluhan, bantuan teknis, dan program pelatihan yang bertujuan mendorong produksi sawit berkelanjutan.

“Layanan-layanan itu, kata Ria biasanya lebih mudah tersedia bagi entitas yang sudah diakui dan terdaftar secara formal, yang membuat petani plasma sawit sering berada di posisi kurang diuntungkan dalam hal memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

“Untuk itu pilihan kami dari APPKSI Kalimantan Barat ke pasangan Prabowo – Gibran karena Prabowo pernah menjadi ketua umum HKTI, lebih memahami masalah petani dibandingkan capres lainnya,” pungkasnya.***

  • Bagikan