Rangkaian Robo-Robo Mempawah, Ziarah ke Makam Opu Daeng Manambon

  • Bagikan
Bupati Mempawah Erlina bersama Raja Mempawah Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim saat menaiki tangga menuju makam Opu Daeng Manambon di Sebukit Rama, beberapa tahun lalu. Foto Instagram @erlinarianorsan

TERAS MEMPAWAH – Salah satu rangkaian tradisi Robo-Robo di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, adalah ziarah ke Makam Opu Daeng Manambon, di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir.

Sudah menjadi kebiasaan, ziarah ke makam raja pertama Kerajaan Mempawah bergelar Pangeran Mas Surya Negara, dilaksanakan sehari sebelum puncak perayaan Robo-Robo di Pelabuhan Kuala Mempawah.

Baca juga : Buka Pesta Rakyat, Wabup Mempawah Minta Jaga Marwah Robo-Robo

Selain Raja Mempawah dan kerabat kerajaan Istana Amantubillah Mempawah, ziarah juga dihadiri kepala daerah dan jajaran forkorpimda di Kabupaten Mempawah, serta ribuan masyarakat dari berbagai penjuru daerah.

Untuk menuju ke lokasi Makam Opu Daeng Menambon di Sebukit Rama bukanlah hal yang mudah. Letaknya berada cukup jauh di atas bukit, sehingga pengunjung mesti menaiki sekitar dua ratusan anak tangga.

Opu Daeng Manambon atau Pangeran Mas Surya Negara adalah raja pertama Kerajaan Mempawah yang berkuasa dari tahun 1737 – 1761 dan wafat pada tahun 1763 atau bertepatan dengan kalender Islam 1174 Hijriah.

  • Bagikan